Misteri Mbah Sholeh, Tukang Sapu Masjid Sunan Ampel Yang Meninggal 9 Kali

Masjid Ampel mempunyai cerita tersendiri dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Masjid peninggalan Sunan Ampel yang terletak di Surabaya ini menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam dan merupakan salah satu Masjid tertua di Indonesia.

Banyak cerita unik di seputar masjib Ampel ini, Mbah Bolong yang bisa melihat ka’bah hanya melalui lubang yang dia buat di pemgimaman masjid tersebut. Dan salah satu yang paling terkenal adalah cerita Mbah Sholeh, tukang sapu masjid yang meninggal 9 kali. 9 makam yang terletak di samping Masjid Ampel pun kesemuanya merupakan makam Mbah Sholeh.

Dilansir dari hello-pet.com, Mbah soleh ini dulunya adalah seorang santri Sunan Ampel yang paling rajin. Sifat rajinnya ini ditunjukkan dengan selalu membersihkan masjid setiap waktu. Mbah Sholeh memang sangat terkenal sebagai sosok yang biasa menjaga kebersihan. Hal itu banyak diakui teman sesama santri dan juga Sunan Ampel, gurunya sendiri. Bisa dikatakan Mbah Sholeh ini adalah tukang sapu masjid Ampel ini.

Hingga akhirnya Mbah Sholeh meninggal dan kemudian beliau dimakamkan di samping masjid. Setelah meninggalnya Mbah Sholeh, masjid jadi kurang terurus dan agak kotor, karena tidak ada sosok santri yang bisa serajin Mbah Sholeh. Sampai pada suatu malam Sunan Ampel teringat kepada sosok Mbah Sholeh

“Kalau Mbah Sholeh masih ada, masjid pasti bersih,”

Tiba tiba tidak lama muncul sosok serupa Mbah Sholeh dan menjalankan rutinitas yang tiap hari dilakukan Mbah Sholeh. Dan masjid milik Sunan Ampel kembali terawat dan bersih. Tapi tidak lama sosok serupa Mbah Sholeh ini meninggal dan dimakamkan di samping Mbah Sholeh sebelumnya. Dan terulang lagi dan lagi hingga sembilan kali.

Peristiwa tersebut terulang hingga sembilan kali. Menurut cerita, Mbah Sholeh baru benar-benar meninggal setelah Sunan Ampel wafat. Setiap meninggal, Mbah Sholeh selalu dimakamkan di samping makam yang sebelumnya. Karena meninggal hingga 9 kali, maka makamnya yang ada di samping Masjid Ampel pun ada 9. Sumber https://www.kompasiana.com/yokowidito/55c2242961afbd5309c9cbf7/misteri-mbah-sholeh-tukang-sapu-masjid-sunan-ampel-yang-meninggal-9-kali

Tinggalkan Balasan